Alasan Kenapa Anjing Suka Menggigit Tulang



Alasan Kenapa Anjing Suka Menggigit Tulang [ www.BlogApaAja.com ]

Bagi kamu yang memelihara dan pecinta anjing pernah nggak bertanya,mengapa anjing suka menggigit tulang? Bahkan termasuk tulang mainan, asalkanberbentuk tulang pasti langsung digigit oleh si doggy.

Menurut tim pakar pimpinan Dr Joao Munoz-Doran dari Universitas NasionalKolombia, kebiasaan anjing memakan daging dimulai sekitar delapan juta tahunlalu. Ketika itu, anjing-anjing purba berkelompok untuk mencari mangsa yanglebih besar.

Kebiasaan tersebut membuat turunan anjing purba, seperti serigala dananjing moderen, menjadi hiperkarnivora atau binantang yang 70 persen memakandaging.

Kesimpulan ini diperoleh setelah tim Munoz-Doran menyusun "silsilah" anjingyang menggambarkan hubungan di antara lebih dari 300 spesies anjing. "Kamimenemukan sejarah evolusi yang sama di antara sejumlah jenis anjing,"jelas Dr Munoz-Doran.

Alasan Kenapa Anjing Suka Menggigit Tulang [ www.BlogApaAja.com ]

"Delapan juta tahun lalu banyak habitat terbuka di Asia, Eropa, danAmerika Utara. Persaingan mendapatkan mangsa sangat ketat dan kondisi inimembuat anjing-anjing purba harus berkelompok ketika mencari dan mengintaimangsa," paparnya.

Ia menjelaskan, dari kebiasaan berburu secara berkelompok, muncul jenisanjing baru dengan bentuk kepala yang berbeda, dengan rahang yang lebih kuat,dan ukuran taring yang lebih besar. Mereka ini mampu bertahan dari seleksi alamdan melanjutkan bentuk ini ke anjing generasi berikutnya.

Para peneliti mengatakan itulah sebabnya anjing-anjing piaraan, meskitak lagi harus berburu mangsa di alam terbuka, tetap "meneruskan" kebiasaanmemakan daging atau menggigit tulang.

"Mereka punya alat untuk melakukan kebiasaan tersebut dan merekaingin menggunakan alat itu," tegas Dr Munoz-Doran.


Follow On Twitter