Gara-gara Ngantuk, Planet Venus Dikira Pesawat



Gara-gara Ngantuk, Planet Venus Dikira Pesawat [ www.BlogApaAja.com ]

Seorang pilot Air Canada dikabarkan membawapesawat yang dipilotinya menukik tajam. Pilot itu diketahui tengah mengantukdan mengira Planet Venus sebagai sebuah pesawat yang harus dihindarinya.



Kejadian ini berlangsung pada berlangsungJanuari 2011, tetapi lewat sebuah penyelidikan, fakta mengenai insiden barudiumumkan Senin 16 April kemarin. Akibat ulahnya ini 16 awak kabin dilaporkanterluka.

Peristiwa berawal ketika co-pilot baru sajaterbangun dari tidurnya. Ditengah kegelapan malam, pilot tersebut terkejutmelihat Planet Venus yang memang terlihat saat itu. Tetapi, pilot itu mengiraplanet tersebut sebagai sebuah pesawat yang hendak bertabrakan dengan pesawatyang dikendalikannya.

"Di bawah pengaruh inersia (kondisidimana kewaspadaan menurun setelah terbangun dari tidur), co-pilot itu mengiraada sebuah pesawat yang berada di jalur penerbangannya," ungkap BadanKeamanan Transportasi Kanada seperti dikutip Reuters.

"Peristiwa ini menunjukkan betapapentingnya mengatasi keletihan dalam dek pesawat," jelas penyelidikkecelakaan Jon Lee.

Insiden terjadi pada malam hari di pesawatberjenis Boeing 767 tersebut. Ketika peristiwa berlangsung diketahui baru sajalepas landas dari Toronto menuju Zurich, Swiss dan membawa 95 penumpang sertadelapan awak kabin.

Dari laporan disebutkan ko-pilot tersebut barusaja terbangun dari tidur lelapnya. Dirinya terkejut mengingat sebuah pesawatkargo milik Amerika Serikat (AS) terbang ke arah mereka. Pilot pun membawapesawat menukik hingga turun mencapi 400 kaki, sebelum akhir kapten pesawatmenarik tuas kendali.

Sekira 14 penumpang dan dua awak kabin terlukaakibat insiden ini. Dikabarkan, semua korban terluka tidak mengenakan sabukpengaman, meskipun peringatan penggunaan sabuk pengaman sudah dinyalakan.

Laporan insiden ini makin memukul Air Canadayang sebelumnya dihadapkan pada masalah ancaman mogok dari karyawannya.

Usai kecelakaan, pihak maskapai penerbanganterbesar di Kanada ini menyampaikan permintaan maafnya kepada penumpang yangterluka. Mereka pun memperingatkan para pilotnya untuk berhati-hati dalambertugas.


Follow On Twitter